29.12.13

Luas dan Sebaran Lahan di sumbawa barat (KSB)

Luas Tanah/Lahan di KSB tahun 2004 adala 184902 hektar, hampir semua merupakan lahan kering dengan berbagai jenis pemanfaatan (174.571 hektar atau 94,41%), Lahan sawa seluas 8.822 hektar (4,77%). Lahan Kering di KSB hampir semuanya merupakan lahan/kawasan hutan luas 140.023 (75,73 % dari luas KSB). Lahan hutan tersebut sebagian besar merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas (sekitar 87,14%), sedang sisanya 12,86 %)berupa hutan produksi hutan tetap, cagar alam dan hutan wisata. meningikatnya kebutuhan masyarakat dan aktifitas pembangunan, telah memberikan tekanan yang semakin besar kepada sumberdaya hutan, akibatnya terjadi degradasi hutan dan meningkatnya luas lahan kritis dalam kawasan hutan  (tahun 2004 seluas 31.014 ha). Selain itu lahan kritis diluar kawasan hutan juga cukup luas (tahun 2004 seluas 3535,45 ha) sebagai akibat penggunaan lahan yang kurang mempertimbangkan kaidah konserpasi lahan.

Lahan kering yang digunakan untuk kegiatan budidaya pertanian dalam arti luas (selain hutan) berupa tegalan/kebun, ladang/huma, lahan pengembalaan/padang rumput dan perkebunan dengan total luas 15.171 hektar (8,20 % dari laus KSB), sedang lahan kering dengan penggunaan lain-lain dan sementara tidak diusahakan seluas 19.377 hektar (10,48 % dari luas KSB). Lahan kering untuk budidaya pertanian belum dimanfaatkan secara intensif untuk pengusahaan berbagai jenis tanaman, sedang pemeliharaan ternak umumnya dilakukan secara ekstensif. Lahan sawah, baik sawah irigasi maupun sawah tada hujan umumnya dimanfaatkan untuk kegiatan usaha tani padi dan palawijah (terutama kedele). Sementara itu lahan penggunaan lainnya berupa sawa-sawa/tidak ditanami, tambak dan kolam/tebet/empang.
Lahan KSB yang digunakan sebagai lokasi obyek wisata alam, dalam empat tahun terakhir berkembang cukup pesat seiring dengan beroperasinya pertambangan emas P.T NNT diwilayah tersebut. Jumlah lokasi obyek wisata alam yang potensial di Kabupaten tersebut sebanyak 10 lokasi, terdiri atas 7 obyek wisata pantai yang ramai dikunjungi Wisatawan mancanegara dan domistik, diantaranya Pantai Pasir Putih Poto Tano seteluk dan pulau-pulau kecil disekitarnya, Pantai Poto Batu dan Balat Taliwang, Pantai Jelenga Jereweh dan Pantai Maluk, serta Pantai Sekongkang. Sementara itu obyek wisata alam darat dan air yang banyak dikunjungi dan sekaligus memberikan manfaat ekonomi magi masyarakat di wilayah tersebut adalah Danau/Lebo Taliwang yang menghasilkan aneka jenis ikan air tawar.

Sumber :

  • http://sumbawabaratkab.go.id/x/index.php/profil-ksb/geografis/luas-dan-sebaran-lahan
Tidak ada komentar :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish