2.3.15

Tentara Irak mulai gempur ISIS di Salahuddin


BAGHDAD: Tentara Irak melancarkan serangan besar-besaran terhadap militan Negara Islam (ISIS) di provinsi Salahuddin, kubu kelompok pejuang radikal itu di utara Baghdad, kata Perdana Menteri, Haider Al-Abadi.
Abadi turut menginformasikan sudah bertemu dengan pemimpin militer di wilayah tersebut, di mana ribuan anggotanya kini sudah siap untuk berperang.
"Perdana Menteri dan Kepala Angkatan Bersenjata mengumumkan awal kampanye keamanan untuk membebaskan Salahuddin," katanya melalui pernyataan dikeluarkan kantornya.
Dalam komentarnya seperti disiarkan televisi Irak, Abadi mengatakan, militan di wilayah Salahuddin terlibat akan diperintahkan keluar dan pendukung mereka ditawarkan kesempatan terakhir untuk menyerah diri.
"Saya menyeru semua orang yang sudah memilih jalan salah dan membuat kesalahan pada masa lalu untuk meletakkan senjata hari ini.
"Ini adalah kesempatan terakhir mereka. Jika mereka bersikeras untuk tinggal di jalan yang salah, mereka akan menerima hukuman seadilnya karena mereka mendukung terorisme," katanya.
Ribuan tentara dan pejuang dari Hashid Shaabi juga sudah digerakkan untuk kampanye melawan militan itu di wilayah Salahuddin.
Pada Sabtu, penduduk melaporkan pertempuran di sekitar wilayah Samarra setelah pembom bunuh diri meledakkan diri di dekat pasukan keamanan dalam serangan yang mungkin bertujuan mengganggu tentara.
Pengumuman Abadi itu dibuat setelah beberapa percobaan gagal untuk mengekang kemarahan kelompok militan di Tikrit yang mulai maju ke arah Baghdad sejak Juni lalu, sambil menambahkan sebagian besar utara dan barat Irak kini sudah di bawah kontrol mereka.
IS kini dilaporkan berhasil mengontrol beberapa benteng di wilayah Sunni terutama di Salahuddin dan Tigris, termasuk Tikrit, kota kelahiran mantan presiden, Saddam Hussein. - Reuters


http://www.bharian.com.my/node/37816
Tidak ada komentar :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish